Sabtu

Perbandingan Gigi Primer/Sekunder Tiger vs GL pro

meskipun CB, GL 100, Gl max/pro dan tiger punya basis sama ternyata di bagian transfer energi punya perbedaan cukup signifikan….selain memiliki beda ukuran valve,panjang langkah (besar kruk-as), lebar piston….gigi primer vs sekunder juga memiliki perbedaan!! Gl 100/cb memiliki rasio yang cukup ringan…sehingga nafas lebih cepat habis…sementara si GL 2000 a.k.a tiger punya perbandingan yang berat sehingga napas panjang…enak buat turing dan banyak yang memburu…. data akan dipaparkan di bawah
Gear Primer/ Sekunder
tiger 22/68
Gl pro (neotech) 21/71
Gl 100,cb 18/73
Bro..seandainya pengin ganti perbandingan kan bisa ganti salah satunya kan??? Jelas tidak bisa alasan kenapa tidak bisa dikarenakan hitungan modul tiap motor tersebut berbeda….Modul apa sih??? Modul adalah hitungan pasti antara driver dan driven dalam dunia gear…jika nekat ingin mencoba silakan dipasang…jika digerakkan akan terdengar bunyi gemertak atau mendengung!!
Pompa Oli…
jika ingin modif spesies Gl juga harus mengganti pompa olinya…jumlah geranya pun berbeda, di tiger ada 34 mata sedangkan di GL pro ada 37 mata…tentu hitungan modulnya menyesuaikan gigi primer/sekunder masing2…..
Perbandingan Gear Ratio GL vs Tiger
dikalangan CB/GL mania…pencangkokan 6speed gear tiger terkesan menjadi sebuah keharusan setelah menjalani serangkaian modif..apalagi kalo sudah naik stroke…dengan mencangkok kruk-as tiger….weh..weh…weh….
Rasio GL pro/neotech                                       Rasio Tiger
gigi 1       14/32                                                 gigi 1          14/34
gigi 2       16/31                                                  gigi 2         16/27
gigi 3        19/24                                                 gigi 3          25/32
gigi 4        22/22                                               gigi 4         24/25
gigi 5        31/26                                                gigi 5           31/28
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>gigi 6          27/22
nah dihitung sendiri……dan bandingkan…mirip kan???!!! so dari data yang ada…ke-2 varian ini cuma memiliki perbedaan mencolok di final gear dan perbandingan gigi primer/sekunder…..so kelihatan sekali bahwa pada Tiger..perbandingan gear primer/sekunder memiliki perbandingan lebih berat untuk mengimbangi torsi gede akibat langkah yang panjang 62.2mm……………….
so kalo mau modif..sekarang lebih ter-arah kan??? mo dibikin kayak apa motornya….next time akan dibahas…bagaimana menghitung kecepatan motor dari putaran mesin…tentu dengan data yang telah dipaparkan diatas!!!

7 komentar:

  1. Maaf bukannya Primer/skunder pro/neotech>>>21/70 broooo.....???.

    BalasHapus
  2. BETUL MAS BRO.. SALAH KETIIK MAWON... SORRY-SORRY

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Primer skunder pro neotech 21/70 itu apa sich suhu? 21 itu jumlah mata gear ya? Dan 70 itu apa jg jumlah mata gear? Mohon pencerahan nya.

    BalasHapus
  5. Bro apa saja yg perlu dirubah kalo cb standard makai gigi rasio tiger thnks

    BalasHapus
  6. Salam kenal ariez cb kalimantan sungai durian

    BalasHapus
  7. Mau tanya nih,klau cb 125 ganti kruk as megapro tp untuk bearing tetep pkai punya cb biar g mbubut rumah bearing ap bisa ya boss,minta solusinya boss🙏🙏🙏

    BalasHapus